Rabu, 07 November 2018

Lion Air Senggol Tiang di Bandara Bengkulu, Penumpang Dialihkan ke Pesawat Lain

Kemenhub akan Investigasi Insiden Lion Air "Senggol Tiang"

Rabu 07 Nov 2018 22:44 WIB
Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ani Nursalikah
Kemenhub sudah menerima laporan awal dari Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu.
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 340 1974786 kronologi-sayap-lion-air-senggol-tiang-di-bandara-bengkulu-wx2H5OFKXy.jpeg
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menginvestigasi insiden penerbangan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT633 rute Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub M Pramintohadi Sukarno mengatakan investigasi akan dilakukan oleh Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Inspektur Bandar Udara, dan Inspektur Navigasi Penerbangan.
“Investigasi dilakukan untuk melihat penyebab kejadian dan langkah tindak lanjut yang tepat,” kata Pramintohadi dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (7/11) malam.
Dia menjelaskan pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900 ER registrasi PK-LGY dengan nomor penerbangan J 633 tersebut akan berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Soekarno-Hatta di Banten sekitar pukul 18.20 WIB. Hanya saja insiden menyenggol tiang terjadi ketika akan menuju landasan pacu.
Pramintohadi memastikan Kemenhub sudah menerima laporan awal dari Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu bahwa sayap pesawat Lion Air JT 633 tersebut menyenggol tiang parking stand tiga yang berada di depan gedung VIP Bandara. “Sehingga sayap pesawat sebelah kiri mengalami kerusakan,” ujar Pramintohadi.
Saat ini, penumpang berjumlah 145 orang telah kembali berada di terminal keberangkatan. Rencananya para penumpang akan diberangkatkan dengan pesawat Lion Air lainnya pada sekitar pukul 22.10 WIB.
Pramintohadi menginstruksikan kepada kepala bandara tersebut untuk memastikan maskapai penerbangan memenuhi kewajiban sesuai ketentuan. Hal itu dilakukan dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang.
“Saat ini pesawat dan pilot telah di-grounded untuk keperluan investigasi,” ujar Pramintohadi.
Sebelumnya, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan kondisi tersebut terjadi ketika pesawat bersiap menuju landas hubung. Saat ini, pesawat sudah berada di landas parkir dan seluruh penumpang diarahkan dan dikembalikan menuju ruang tunggu terminal.
Selanjutnya, untuk mengatasi penundaan penerbangan tersebut, rencananya akan kembali diberangkatkan dengan menggunakan pesawat dari Jakarta. “Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” kata Danang.
Terkait kondisi yang terjadi, Lion Air saat ini telah mengirimkan tim guna pemeriksaan terhadap pesawat tersebut.



BENGKULU - Ratusan penumpang maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT-633, rute Bengkulu - Jakarta, batal berangkat, pada Rabu (7/11/2018). Pasalnya, sayap sebelah kiri maskapai dengan jadwal penerbangan sekira pukul 18.20 WIB itu menyenggol tiang koordinat di Bandara Fatmawati - Soekarno. Di depan VIP room, persisnya.
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 340 1974786 kronologi-sayap-lion-air-senggol-tiang-di-bandara-bengkulu-wx2H5OFKXy.jpeg
Tiang koordinat itu disenggol ketika maskapai ingin menuju landas hubung taxiway dari parkiran 4 bandara. Sementara penumpang sudah berada di dalam pesawat setelah bording.
Atas kejadian tersebut, seluruh penumpang terpaksa diturunkan kembali dan di minta menunggu di ruang tunggu bandara. 
Lion Air senggol tiang Bandara Bengkulu
Data terhimpun okezone, sekira pukul 17.50 WIB, tidak kurang dari ratusan penumpang maskapai Lion Air melakukan bording dan mulai menaiki pesawat dengan nomor penerbangan JT-633. Berselang sekira 20 menit kemudian atau pukujl 18.15 WIB, pesawat tersebut telah selesai melakukan bording.
Sekira pukul 18.20 WIB, maskapai itu bersiap menuju landas hubung taxiway dari parkiran 4 bandara menuju runway untuk take off. Namun, pada saat maskpai ingin keluar dari parkiran 4, di parkiran 3 terdapat salah satu maskapai yang sedang terparkir. Di mana salah satu maskapai yang sedang parkir tersebut di depan gerbang room VIP, di lokasi tersebut juga terdapat tiang titik koordinat.
Di saat melintas di daerah tersebut, sayap kiri maskapai tersebut menyenggol. Sehingga bagian ujung sayap sebelah kiri mengalami robek cukup besar. Akibat kejadian tersebut, sekira pukul 18.50 WIB maskapai Lion Air kembali ke parkiran 4. Berselang 10 menit kemudian atau sekira pukul 19.00 WIB, seluruh calon penumpang dipersilakan turun untuk kembali ke ruang tunggu bandara.
Mereka diberangkatkan dengan pesawat lain sekira pukul 21.00 WIB menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT632 rute Bengkulu- Jakarta. (Baca Juga: Lion Air Minta Maaf Pesawat JT-633 Senggol Tiang Koordinat Bandara Bengkulu)
 Lion Air senggol tiang Bandara Bengkulu
Kepala Tata Usaha (KTU) Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Sarosa mengatakan, sayap maskapai menyenggol tiang koordinat saat ingin takeoff. Saat ini, maskapai tersebut diparkirkan di bandara. Sebab, bagian sayap mengalami rusak.
''Bagian sayap menyenggol tiang koordinat. Penumpang diturunkan, untuk maskapai di parkir, karena bagian sayap mengalami rusak,'' kata Sarosa, ketika di konfirmasi okezone melalui sambungan teleponnya, Rabu (7/11/2018) malam. (Ari)
sumber:  https://news.okezone.com/read/2018/11/07/340/1974786/kronologi-sayap-lion-air-senggol-tiang-di-bandara-bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar