Jumat, 23 September 2016

Tidak Pengampunan, tetapi juga Hadiah Nobel Perdamaian

Dengan Chen Weihua (China Daily)

Updated: 2016/09/23 8:49
Snowden layak tidak hanya pengampunan, tetapi juga Hadiah Nobel Perdamaian
Edward Snowden berbicara melalui video link saat konferensi pers di New York City, AS 14 September 2016. [Foto / Instansi]
http://nomor1.net/yanaa5779

Dalam minggu-minggu sebelum Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Barack Obama bertemu di Sunny-lahan resort di California pada bulan Juni 2013, pemerintah AS telah terhindar sedikit usaha dalam menggambarkan China sebagai penjahat di dunia maya.
Wahyu yang dibuat oleh mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS Edward Snowden hanya beberapa hari sebelum pertemuan Sunnylands, bagaimanapun, terkena penjahat nyata kepada dunia. Hal ini menunjukkan bahwa apa pun negara-negara lain yang telah dilakukan dalam pengawasan cyber apa-apa dibandingkan dengan skala raksasa operasi yang diluncurkan oleh NSA, sering dicap "Tidak Agency seperti".
Untuk sisa dunia, Snowden adalah whistleblower dan pahlawan karena ia mengungkapkan program pengawasan rahasia pemerintah AS di seluruh dunia, yang sasarannya termasuk para pemimpin dari negara-negara yang adalah sekutu AS. mata-mata tersebut, yang melanggar privasi orang dan hak-hak sipil, sering melibatkan kolaborasi bersedia dan mau dengan beberapa perusahaan teknologi besar di Amerika Serikat.
Di AS, perdebatan tentang apakah Snowden adalah pahlawan, patriot atau pengkhianat masih menjadi isu yang memecah belah meskipun wahyu-Nya memaksa pemerintah AS dan Kongres untuk memperbaiki begitu banyak kesalahan. Misalnya, panel yang ditunjuk oleh Obama untuk meninjau program pengawasan NSA membuat puluhan rekomendasi reformasi. Sebuah pengadilan banding federal memutuskan Program panggilan-pelacakan NSA terkena oleh Snowden ilegal. Dan UU USA Freedom disahkan oleh Kongres AS berakhir pengumpulan sebagian besar data telepon oleh pemerintah.
Dalam sepekan terakhir, Snowden telah kembali berada dalam sorotan. Oliver Stone film Snowden mencapai US bioskop pada September 16. Dan Snowden telah berupaya pengampunan Obama, dengan alasan bahwa kebocoran tentang program pengawasan NSA adalah "tidak hanya benar secara moral" tetapi juga "warga meninggalkan bertaruh-ter off".
Pada 14 September, American Civil Liberties Union meluncurkan kampanye Pardon Snowden untuk mendesak Obama untuk mengampuni Snowden. Kampanye ini diikuti oleh Amnesty International, Human Rights Watch dan lebih dari 100 sarjana hukum, mantan pejabat keamanan nasional, pemimpin bisnis, aktivis hak asasi manusia dan seniman.
Sebagian besar orang yang percaya bahwa Snowden adalah pengkhianat dan harus menghabiskan sisa hidupnya di penjara berpendapat bahwa ia melanggar sumpah dan menempatkan keamanan nasional AS dalam bahaya. Memang benar bahwa Snowden melanggar kepercayaan yang diberikan kepadanya, tetapi ia melakukannya setelah mengetahui pemerintah AS terlibat dalam perbuatan yang salah yang serius, yang merupakan kejahatan jauh lebih serius daripada orang menyadari. Bahkan mantan Jaksa Agung AS Eric Holder mengakui bahwa "kita pasti bisa berdebat tentang cara di mana Snowden melakukan apa yang dia lakukan, tapi saya berpikir bahwa dia benar-benar melakukan pelayanan publik dengan menaikkan perdebatan yang kita terlibat dalam dan dengan perubahan yang kami buat ".
Namun, Komite Intelijen DPR AS dengan suara bulat menandatangani surat kepada Obama pada 15 September untuk tidak mengampuni Snow-den.
Obama pernah mengatakan perdebatan dipicu oleh Snowden "akan membuat kita lebih kuat", namun tidak terlihat seperti dia akan memiliki pengertian yang baik untuk mengampuni Snowden sebelum meninggalkan Gedung Putih pada bulan Januari.
Kedua Republik dan Demokrat calon presiden Donald Trump dan Hillary Clinton menentang pemberian Snowden pengampunan. Satu-satunya 2016 calon presiden yang didukung Snowden tidak lagi dalam lomba. Demokrat Bernie Sanders mengatakan, "informasi dis-ditutup oleh Snowden telah memungkinkan Kongres dan rakyat Amerika untuk memahami sejauh mana NSA telah menyalahgunakan kewenangannya dan melanggar hak-hak konstitusional kami".

Untuk tahun ketiga berturut-turut, Snowden telah dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian. Siapa pun yang memenangkan hadiah pada Okt 7, jelas bahwa Snowden telah dilakukan dunia layanan besar, jauh lebih banyak dari Obama memiliki ketika ia dianugerahi hadiah pada tahun 2009.
Penulis adalah wakil editor dari China Daily USA. chenweihua@chinadailyusa.com

http://nomor1.net/yanaa5779

============
    Lacoste Calla 0801hrg Semipremium 35x12x26 Berat 6ons
    - Silver
    - Red
    - Blue Tosca...
    Lihat Selengkapnya

    Minat 
    chat yaa inbox fb atau
     BBM 5D34A253 n 
    wa 081363563800.. 
    happy shopping.
    .tq dear

Tidak ada komentar:

Posting Komentar