Rabu, 26 September 2018

Barikade Gus Dur Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin; Kubu Prabowo Tak Kaget


Barikade Gus Dur Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Anak Alm. Abdurahman Wahid, Yenny Wahid (tengah) membacakan surat  deklarasi  konsorsium kader Gus Dur di  Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jakarta, Rabu (26/9).
Anak Alm. Abdurahman Wahid, Yenny Wahid (tengah) membacakan surat deklarasi konsorsium kader Gus Dur di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jakarta, Rabu (26/9) Foto: Republika/Iman Firmansyah
).
Salah satu pertimbangan yang dilakukan yaitu dengan 
melihat visi-misi capres cawapres
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur, Priyio Sambadha mengakui ada banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan mendukung pasangan capres nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Salah satu pertimbangan yang dilakukan yaitu dengan melihat visi - misi capres cawapres.
"Kami tetap menganggap kedua capres cawapres itu para putera terbaik bangsa ini, jadi kami memilih ini memutuskan ini dengan pertimbangan yang obyektif ya. Jadi kami mendengarkan berbagai pihak setelah mempelajari visi dan misi," kata Priyo usai deklarasi di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta, Rabu (26/9).
Priyo menjelaskan Barikade Gus Dur juga mendengarkan arahan dari para kyai di kampung-kampung yang beristikharah. Selain itu para pemuka agama lain juga menjadi pertimbangan Barikade Gus Dur dalam menentukan pilihan.
"Kemudian yang terakhir tentunya kami mendengarkan arahan keluarga inti dari Gus Dur. Karena kami memang dari Barikade Gus Dur ini selalu taat dan patuh arahan dari keluarga inti Gus Dur dalam hal ini diwakili Yenny," ujarnya.
Ia juga tidak memungkiri bahwa di dalam pembicaraan mengenai arah dukungan sempat ada perbedaan pendapat. Namun semua memutuskan untuk bulat sepakat satu suara ketika sudah diputuskan. Untuk diketahui Barisan Kader Gus Dur merupakan salah satu dari sembilan elemen yang ikut mendukung Jokowi - Ma'ruf di Pilpres 2019
Ini Pertimbangan Barikade Gus Dur Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
Rabu 26 September 2018 21:36 WIB
Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Dukung Jokowi-Ma'ruf, Yenny Wahid Tak Peduli Ada Cak Imin

views: 5.142
Dukung Jokowi-Maruf, Yenny Wahid Tak Peduli Ada Cak Imin


Putri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Zanuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid. Foto/Dok/SINDOnews

JAKARTA - Putri Presiden RI Keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid telah mendeklarasikan dukungannya untuk Pasangan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin. Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sudah lebih dahulu berada di barisan Koalisi Indonesia Kerja (KIK).
Lalu, apakah hubungan Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid dengan Cak Imin sudah membaik, sehingga memberikan dukungan kepada Pasangan Jokowi-Ma'ruf ?
Yenny Wahid mengaku tidak memperdulikan keberadaan Cak Imin di Koalisi Jokowi-Ma'ruf dalam memberikan dukungannya itu.
"Saya tidak pernah mendasari keputusan-keputusan saya atas dasar pertimbangan apakah ada Cak Imin atau tidak, jadi enggak ada hubungannya," ujar Yenny Wahid di Rumah Pergerakan Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).
Sekadar informasi, hubungan Cak Imin dengan Yenny Wahid memanas sejak tahun 2008 silam. Konflik keduanya diawali dengan pemecatan Cak Imin dari posisi Ketua Umum Dewan Tanfidz PKB oleh Gus Dur yang saat itu menjabat Ketua Dewan Syuro PKB.
Yenny saat itu ingin menjaga marwah ayahnya dan menolak memberi pintu damai bagi Cak Imin. Aksi saling klaim dan gugat dilancarkan oleh keduanya.
Kemudian saat dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Tanfidz PKB, Cak Imin menyingkirkan Yenny Wahid dari keanggotaan PKB. Alasannya, Cak Imin menilai Yenny Wahid sebagai dalang pemecatannya oleh Gus Dur.
Yenny Wahid pun melakukan perlawanan. Gugatan demi gugatan dilakukan Yenny Wahid. Menjelang Pemilu 2009, keduanya mengklaim pengurus PKB yang sah.
Yenny Wahid maupun Cak Imin pun hadir dalam acara pengambilan nomor urut partai peserta Pemilu di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keduanya sempat berebut kertas nomor urut, walaupun kemudian mengangkatnya bersama-sama.
Setelah kubu Cak Imin dengan Sekretaris Jenderal Lukman Edy telah disahkan melalui Surat Keputusan Kementerian Hukum dan HAM, Yenny Wahid membuat Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Namun, PKBIB dinyatakan tidak lolos verifikasi partai peserta Pemilu 2014.(pur)

Kubu Prabowo Tak Kaget Yenny Wahid Dukung Jokowi, Ini Alasannya

views: 10.171
Kubu Prabowo Tak Kaget Yenny Wahid Dukung Jokowi, Ini Alasannya

Juru bicara koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto/SINDOnews
 

JAKARTA - Keputusan putri Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin tidak mengejutkan Koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
"Keputusan Mbak Yenny mendukung Jokowi tidak mengagetkan, memang kita ketahui bersama beliau selama ini dekat dan banyak membantu Jokowi, jadi wajar saja dengan kedekatan tersebut beliau mendukung Jokowi," tutur Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak dihubungi wartawan, Rabu (26/9/2018).
Dahnil mengatakan, usaha Prabowo mendekati Yenny Wahid  adalah bentuk akhlak politik Ketua Umum Partai Gerindra itu yang memang senang menjalin silahturahmi dengan siapa saja.
Oleh karena itu, lanjut dia, Koalisi Indonesia Adil Makmur menghormati pilihan politik Yenny Wahid tersebut. 
Dahnil secara pribadi pun mengaku telah menyampaikan selamat kepada Yenny Wahid atas ijtihad politiknya.
Dia juga berharap bisa bersama-sama mewarnai kontestasi Pilpres kali ini dipenuhi dengan pertarungan ide dan gagasan, dengan tetap merawat toleransi serta keberagaman Indonesia.
"Setidaknya saya bisa beradu gagasan dengan Mbak Yenny di kubu Jokowi dan di seberang saya bisa membantu Pak Prabowo," tuturnya.(dam)

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar