Jumat, 15 Februari 2019

PERISTIWA HARI INI; Malaysia Airlines Menghilang Misterius; MAKAM FIRAUN DIBONGKAR[Singapura Jatuh ke Tangan Jepang ; Deklarasi PRRI

Singapura Jatuh ke Tangan Jepang ; Deklarasi PRRI 
Harini.

JAKARTA - Berbagai peristiwa telah terjadi pada 15 Februari. Sebut saja, pertempuran Singapura yang menyebabkan jatuhnya Singapura ke tangan Jepang pada Februari 1942.
 Selain itu, Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) juga dideklarasikan pada 15 Februari.
sd
Berikut Okezone merangkum berbagai perstiwa yang terjadi pada 15 Februari, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Jumat (15/2/2019):
1. Lahirnya Hamzah Haz - 1940
 15 Februari 1940, merupakan hari kelahiran mantan Wakil Presiden Republik Indonesia kesembilan, Hamzah Haz. Pria yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat itu menjabat sebagai wakil presiden sejak tahun 2001, bersamaan dengan naiknya Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden Republik Indonesia.
Dalam dunia politik, Hamzah Haz tercatat pernah menduduki jabatan dalam kursi pemerintahan. Diantaranya, menjadi Wakil Ketua DPW Nahdatul Ulama (NU) dan wakil rakyat bagi NU (1971), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (1998), Wakil Ketua DPR-RI (1999-2004), dan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesajahteraan Rakyat saat pemerintahan Abdurrahman Wahid.
sd
2. Pertempuran Singapura - 1942

Pertempuran Singapura terjadi pada teater Asia tenggara perang Dunia II, yang mengakibatkan jatuhnya Singapura ke tangan Jepang. Pertempuran ini berlangsung dari 7 hingga 15 Februari 1942. Dalam pertempuran ini, sekira 80 ribu tentara India, Australia, dan Britania Jaya menjadi tahanan perang, bergabung dengan 50 ribu yang ditawan dalam Pertempuran Malaysia. Pertempuran ini berhasil dimenangkan oleh Jepang setelah pasukan sekutu yang dipimpin Letnan Jenderal Arthur Percival dari Inggris menyerah.
3. Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia - 1958
15 Februari 1958 menjadi hari pendeklarasian Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). PRRI merupakan salah satu gerakan pertentangan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat (Jakarta). Pendeklarasian ini ditandai dengan keluarnya ultimatum dari dewan perjuangan yang dipimpin oleh Kolonel Ahmad Husein di Padang, Sumatera Barat.
Sebab berdirinya PRRI adalah tuntutan otonomi luas dan kekecewaan terhadap pemerintah pusat karena dianggap telah melanggar undang-undang. Selain itu, kekecewaan terhadap pemerintah yang cenderung sentralis, sehingga pembangunan di daerah menjadi terabaikan.
4. Meninggalnya Syafruddin Prawiranegara - 1989
15 Februari 1989, menginjak usia 77 tahun, Syafrudin Prawiranegara menghembuskan nafas terakhirnya. Syafrudin Prawiranegara merupakan seorang pejuang kemerdekaan, yang pernah menjabat sebagi Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).
Selain itu, ia pernah menyandang jabatan sebagai Wakil Perdana Menteri, Menteri Keuangan, dan Menteri Kemakmuran. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan menjabat sebagai Perdana Meneteri bagi kabinet tandiangan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatera Tengah pada 1958.
Di masa tuanya, Syafrudin menyibukan diri dengan berdakwah. Dalam aktivitas keagamaanya, ia pernah menjabat sebagai Ketua Korp Mubalig Indonesia (KMI). Ia juga sempat menyusun buku Sejarah Moneter dengan bantuan Oei Beng To, direktur utama Lembaga Keuangan Indonesia.
 sd
5. Referendum Konstitusi Venezuela - 2009
Referendum Konstitusi Venezuela mengakhiri pembatasan dua kali masa jabatan unuk Presiden Venezuela, Gubernur, Walikota, dan Deputi. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 15 Februari 2009 dengan mengandemen beberapa pasal Konstitusi Venezuela.
Pasal yang diamandemenkan dalam referendum ini, antara lain pasal 160, 162, 174, 192, dan pasal 239 Konstitusi Venezuela. Usulan amandemen ini disetujui sekira 54 persen pemilih dalam sebuah pemilihan yang oleh pengamat Internasional dikatakan “bebas dan jujur”, di mana terdapat 67 persen pemilih yang menggunakan hak suaranya berpartisipasi.
(wal)
sumber: Witri Nasuha, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 13:22 WIB


Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 16 Februari. 
Salah satunya seperti pembongkaran makan Firaun Tutankhamun 
oleh seorang Arkeolog, Howard Caster pada Februari 1923. 
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 16 337 2018758 peristiwa-16-februari-dibongkarnya-makam-firaun-hingga-lahirnya-valentino-rossi-EZKNEVXLe0.jpg
Firaun peti (Shec)
Selain itu, 16 Februari juga merupakan hari kelahiran Valentino Rossi, pembalap tersukses sepanjang masa.
Berikut ini Okezone merangkum berbagai peristiwa yang terjadi pada 16 Februari, sebagaimana dilansir dariWikipedia.org, Sabtu (16/2/2019) :
1. Dibongkarnya Makam Firaun Tutankhamun – 1923
16 Februari 1923 menjadi peristiwa besar dalam dunia arkeologi. Pasalnya seorang arkeolog berkebangsaan Inggris, Howard Carter, berhasil menemukan makam Tutankhamun. Ia berhasil memasuki kamar penguasa Mesir tersebut yang masih dalam keadaan tersegel. Hal tersebut menjadi momen puncak atas pencarian makam Firaun Tut, yang dilakukan Carter sejak tiba di Negeri Piramida 32 tahun lamanya.
Carter dipekerjakan Lord Carnarvon untuk mengawasi penggalian baru pada 1907. Ia diperkenalkan oleh Gosten Maspero, yang ingin agar Carter menerapkan metode arkeologi dan sistem pencatatan modern dalam penggalian-penggalian yang dibiayai Lord Carnavon.
 https://www.australiangeographic.com.au/wp-content/uploads/2018/06/tutankhamun.jpg
Sejak 1914, Lord Carnavo telah membiayai penggalian Carter di Lembah Para Raja. Hal tersebut sempat terhenti oleh Perang Dunia I sampai 1917. Setelah lima tahun berlalu tanpa kesuksesan, pada awal 1922 Lord Carnavorn ingin menghentikan pencarian. Untungnya Carter dapat meyakinkannya untuk melanjutkan penggalian satu tahun lagi. Keputusan itu terbukti tepat karena pada November 1922, sebuah terobosan dalam pencarian ditemukan.
Tim Carter menemukan tangga tersembunyi di dalam reruntuhan di dekat pintu masuk makam lain yang mengarah ke sebuah pintu bernama Tutankhamun. Saat ditemukan, makam tersebut masih utuh dengan harta karun yang tidak tersentuh 3000 tahun lamanya.
2. Diciptakannya Bulletin Board System (BBS) – 1978
Sistem Papan Buletin atau Bulletin Board System(BBS) pertama kali diciptakan dan dapat digunakan sejak 16 Februari 1978 di Chicago, Illinois. BBS merupakan sistem elektronik yang standar, rendah biaya, dan akar rumput untuk menyiarakan atau merespon informasi mengenai suatu tema yang spesifik.
Informasi yang ditampilkan dalam program sistem ini menggunakan teks ASCII atau seni ANSI. Meskipun ada beberapa eksperimen program sistem papan buletin menggunakan format tampilan dengan resolusi yang lebih tinggi seperi protokol pencitraan jarak jauh atau remote imaging protocol.
Awalnya, pengunaan sistem papan bulletin ini ganya dapat mengakses program melalui saluran telepon yang terhubung dengan modem. Namun, awal 1990 beberapa pengguna sistem ini dapat mengaksesnya melalui Telnet, paket jaringan berganti, atau koneksi radio paket.
3. Lahirnya Valentino Rossi – 1979
16 Februari 1979 menjadi hari kelahiran pembalap tersukses sepanjang masa, Valentino Rossi. Rossi memang dilahirkan untuk menjadi pembalap, ia tumbuh dilingkungan yang sanagt mendukung kariernya tersebut. ayahnya, Graziano Rossi juga merupakan seorang pembalap besar di masa ’70-an.
 Valentino Rossi (motogp)
Rossi memiliki karier yang gemilang, ia berhasil meraih titel juara di empat kelas yang berbeda di kejuaran pembalap Grandprix Motor Dunia. Selain itu ia juga berhasil menyandang tujuh gelar juara dunia di kelas puncak 500cc/MotoGP dan dua gelar di kelas 250cc dan 125cc.
Ia juga tercatat sebagai pembalap yang pertama dalan klasmen terbanyak memenangkan dalam sejarah 500cc/MotoGP dengan 86 kemenangan. Serta kedua di sepanjang masa memenangkan klasmen keseluruhan dengan 112 menang balapan. Bersama Jmmie Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1) dan Sebastien Loeb (WRC), Rossi sering disebut sebagai salah satu legenda olahraga otomotif di awal abad 21.
4. Peresmian Provinsi Gorontalo – 2001

16 Februari 2001 silam, Provinsi Gorontalo diresmikan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Provinsi ini lahir di Indonesia pada 5 Desember 2000 yang kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000.
Provinsi dengan Ibukota Kota Gorontalo atau yang terkenal dengan julukan “Kota Serambi Madinah” ini dihuni oleh ragam Etnis yang berbentuk Pohala’a atau keluarga. Di antaranya adalah Pohala’a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala’a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala’a Bolango (Etnis Bulango/Bolango), dan Pohala’a Atinggola (Etnis Atinggola).
5. Protokol Kyoto – 2005
Protokol Kyoto merupakan sebuah amandemen terhadap Konvensi Rangka Kerja PBB terntang Perubahan Iklim UNFCCC, sebuah persetujuan internasional tenatang pemanasan global.
Nama resmi persetujuan ini adalah Kyoto Protocol to the United Nations Framework Convention on Climate Change. Hal itu dinegosiasikan di Kyoto pada Desember 1997, dibuka untuk penandatanganan pada 16 Maret 1998 dan ditutup 15 Maret 1999. Persetujuan inni mulai berlaku pada 16 Februari 2005 setelah ratifikasi resmi yang dilakukan Rusia pada 18 November 2004.
Negara-negara yang meratifikasi protokol ini berkomitmen untuk mengurangi emisi atau pengeluaran karbon dioksida dan lima gas rumah kaca lainnya, atau bekerja sama dalam perdagangan emisi jika mereka menjaga jumlah atau menambah emisi gas-gas tersebut, yang telah dikaitkan dengan pemanasan global.(rzy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar